Formula 1 adalah balapan mobil
terkenal di dunia yang berisi tentang hal tercanggih yang ada baik dalam
hal teknologi maupun aspek lainnya. Sehingga jangan heran bila anda
menemukan fakta-fakta menarik tentang Formula 1 yang mungkin akan
membuat anda tercengang. Berikut ini adalah fakta-fakta mengenai F1:
1. Mobil F1 dapat melaju dari 0 hingga 160 km/jam dan kembali lagi ke 0 hanya dalam waktu 4 detik
2.
Mesin F1 hanya bertahan untuk balapan selama 2 jam sebelum mesin
tersebut meledak, untuk mobil pasaran biasanya dapat bertahan hingga 20
tahun
3. Mesin F1 umumnya berputar hingga 18000rpm yang artinya piston bergerak naik turun 300 kali sedetik
4.
Mobil F1 terdiri dari 80.000 komponen, bila mobil tersebut dirakit
dengan akurasi hanya 99,9% mobil masih dapat berjalan tetapi dengan 80
kesalahan perakitan
5.
Desain aerodinamika dan downforce (gaya tekan ke bawah) mobil F1 sangat
penting, bahkan pesawat kecil dapat terbang dengan kecepatan lebih
rendah daripada mobil F1
6.
Tanpa sistem aerodinamika dan downforce yang baik, mobil F1 dapat
kehilangan kontrol dan terjadi wheel spin (roda berputar tetapi mobil
tetap di tempat) pada kecepatan hanya 160 km/jam padahal umumnya mobil
F1 memiliki kecepatan lebih dari 300 km/jam
7.
Gaya downforce yang dihasilkan sayap depan dan belakang mobil F1 sangat
hebat. Saat melaju lebih dari 160 km/jam, mobil F1 dapat menghasilkan
gaya tekan ke bawah sama dengan berat mobil tersebut
8.
Pada balapan jalan raya seperti GP Monaco, downforce mobil F1 memiliki
kemampuan untuk mengangkat penutup lubang got. Makanya, penutup lubang
got harus dilas terlebih dahulu sebelum pertandingan
9. Ban mobil normal dapat bertahan 60.000 - 10.000 km, sedangkan ban balap F1 didesain hanya bertahan untuk 90 - 120 km saja
10. Selama balapan, ban balap kehilangan beratnya sekitar 0.5 kg karena aus
11.
Ban F1 untuk kondisi sirkuit kering mencapai puncak performanya (grip
terbaiknya) ketika temperaturnya mencapai 900 - 1200 derajat Celcius.
Pada kecepatan maksimalnya, ban F1 berputar 50 kali sedetik
12.
Udara yang digunakan untuk kebanyakan ban balap adalah Nitrogen karena
memiliki tekanan yang lebih konstan dibanding udara biasa. Udara biasa
umumnya memiliki uap air yang dapat mengakibatkan tekanan tidak stabil
saat temperatur meningkat
13.
Cakram rem F1 memiliki temperatur operasi sekitar 1000 derajat Celsius
sampai mobil sebelum berbelok, cakram tersebut terbuat dari serat karbon
yang bersifat lebih keras dan lebih tahan aus dari pada cakram besi
baja
14.
Saat mengerem, perlambatan yang dialami oleh pembalap F1 sama seperti
mobil umum mengalami tabrakan dengan tembok pada kecepatan 300 km/jam
15.
Jika selang air sistem pendingin tiba-tiba meledak, seluruh air sistem
pendingin akan habis hanya dalam jangka waktu satu detik
16.
Mobil F1 memiliki sistem kabel sepanjang satu kilometer, menghubungkan
sekitar 100 sensor dan aktuator yang memantau dan mengontrol
bagian-bagian mobil
17.
Sistem pengisian bahan bakar F1 dapat menyuplai 12 liter bahan bakar
sedetik, artinya Anda hanya butuh waktu 4 detik untuk mengisi tangki
mobil umum dengan kapasitas 50 liter. Sistemnya sama dengan alat yang
digunakan oleh pengisian bahan bakar helikopter milter Amerika Serikat
18. Kru F1 terlatih dapat mengisi bahan bakar dan mengganti ban hanya dalam waktu 5 detik
19. Gearbox mesin F1 hanya digunakan sekali untuk balapan dan diganti secara periodik untuk menghindari kegagalan
20. Rata-rata pembalap F1 kehilangan berat badan hingga 4 kg setelah sekali balapan
Dengan
semua data-data di atas, F1 menjadi Mobil yang luar biasa kencang. Ada
dua sisi yang menyertai segala kehebatan mobil F1 tersebut :
Pertama, karena sangat cepat mobil-mobil F1 amat membahayakan bila terjadi kecelakaan. Maka untuk meminimalisasi, dibuatlah berbagai regulasi yang bertujuan mengurangi resiko kecelakaan, diantaranya dengan membatasi kekuatan / putaran mesin.
Pertama, karena sangat cepat mobil-mobil F1 amat membahayakan bila terjadi kecelakaan. Maka untuk meminimalisasi, dibuatlah berbagai regulasi yang bertujuan mengurangi resiko kecelakaan, diantaranya dengan membatasi kekuatan / putaran mesin.
Kedua,
Mobil F1 amat sangat mahal. Hantaman krisis keuangan global beberapa
waktu lalu, nyaris meruntuhkan pula otosport paling top ini. beberapa
tim mundur karena tak mampu membiayai keikutsertaan mereka di F1.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar